Home » » Menjaga Kesehatan Reproduksi Perempuan

Menjaga Kesehatan Reproduksi Perempuan

Written By Husnhy Rasta Manja on Jumat, 17 Januari 2014 | 11.04

Menjaga Keasaman Vagina
Struktur kemaluan perempuan bersifat khas. Saluran vagina senantiasa terbuka dengan dunia luar sehingga selalu memiliki risiko terkena infeksi dari luar. Namun, suasana masam yang terbentuk di mulut saluran vagina dan posisi saluran vagina yang selalu dalam kondisi terkatup menyebabkan tidak seluruh bibit penyakit berhasil memasukinya.
Suasana masam tersebut terbentuk dengan kehadiran kuman Doderlein yang hidup dalam harmoni dengan tubuh. Suasana masam ini tidak boleh dihilangkan. Keasaman vagina dapat hilang dengan kebiasaan rajin menyabuni vagina secara berlebihan, memakai obat semprot pewangi vagina (douching), atau pemakaian bahan kimiawi lainnya.
Mencegah Infeksi Saluran Kemih
Saluran kemih bagian bawah perempuan lebih pendek dibandingkan laki-laki sehingga lebih dekat kedudukannya dengan dunia luar. Bila permukaan kemaluan atau vulva selalu kurang bersih, baik disebabkan air cebok, pakaian dalam, bekas darah haid, maka muara saluran kemih, tempat keluarnya air seni, mudah tercemar bibit penyakit.
Infeksi muara saluran kemih (uretritis) menimbulkan peradangan dengan gejala nyeri menyayat setiap kali berkemih. Bila kondisinya berat, dapat terjadi pula urin bercampur dengan darah sehingga tampak seperti air cucian daging.
Infeksi saluran kemih bawah yang sering berulang dapat menjalar naik ke saluran kemih yang lebih atas, kemudian naik ke kandung kemih (kistitis). Jika kondisi ini dibiarkan, dapat terjadi infeksi pada saluran yang lebih atas, yaitu ginjal (nefritis). Infeksi ginjal dapat berakhir dengan kerusakan ginjal dan pada akhirnya gagal ginjal.
Arah cebok yang salah dapat menjadi penyebab terjadinya infeksi. Cebok yang benar seharusnya dilakukan dari arah depan (kemaluan) ke belakang (liang dubur/anus). Bila sebaliknya, setiap bibit penyakit yang banyak berada di liang dubur akan terbawa masuk ke liang kemih atau vagina.
Mengatasi Jamur Selangkangan
Saat terjadi infeksi jamur pada selangkangan, keluhan gatal hebat akan muncul. Jamur ini terutama adalah jamur penyebab keputihan, Candida albicans. Infeksi tidak hanya dapat terjadi pada selangkangan, namun lipat perut, lipat bawah payudara, jemari tangan, dan juga sela jemari kaki.
Infeksi jamur ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan sekitar kemaluan. Perempuan Asia cenderung mengalami kelembaban di selangkangan karena setiap kali cebok selalu memakai air. Air cebokan yang menyisa di sekitar kemaluan dan selangkangan yang mengundang jamur datang, sehingga penting sekali untuk memastikan selangkangan kering setelah berkemih, misalnya dengan tisu.
Kelembaban selangkangan juga dapat terjadi saat terlambat mengganti pakaian dalam dan pembalut wanita, pakaian dalam yang digunakan belum sepenuhnya kering setelah dicuci, atau mandi kurang sempurna sehingga selangkangan tidak tersentuh sabun.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kesehatan masyarakat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger