Home » » PENTINGNYA PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

PENTINGNYA PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Written By Unknown on Rabu, 13 November 2013 | 06.17


Cuci tangan
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan melalui Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sangat penting ditingkatkan. Hal ini karena bisa mencegah berbagai penyakit pada masyarakat, termasuk diare dan ISPA.

Kedua penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian balita tertinggi di Indonesia. Padahal, penyakit seperti diare dan ISPA dapat dicegah melalui kebiasaan sederhana, yaitu CTPS dengan air mengalir.

Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes, dr Lilly S Sulistyowati, M.M mengatakan bahwa cuci tangan merupakan suatu kegiatan sederhana, tetapi berdampak besar. Namun, cuci tangan juga harus dilakukan dengan baik dan benar.

"Cuci tangan yang benar dan baik adalah menggunakan sabun dengan air bersih yang mengalir,"ujarnya  pada konferensi pers bertema "Dukung Anak NTT Capai Usia 5 Tahun" di FCone f(X) Sudirman, Jakarta, Rabu (23/10/2013).

Selanjutnya, ia mengatalan bahwa kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat ini perlu dibiasakan sejak dini. Hal ini karena bila membiasakan kebiasaan hidup bersih dan sehat sejak kecil, maka kebiasaan itu akan dibawa sampai dewasa.

"Selain itu program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui Cuci Tangan Pakai Sabun ini diharapkan membantu mengurangi angka kematian pada bayi dan penyakit menular berbasis lingkungan yang menurunkan kualitas hidup manusia,"tutupnya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kesehatan masyarakat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger